Rangkaian Sistem pengapian
1. 1. Baterai / Accu
Aki atau di kenal juga dg istilah Baterai adalah suatu tempat menyimpan Listrik pada mobil atau motor1. 2.Kiprok
Kiprok berfungsi sebagai penstabil agar piranti kelistrikan tidak rusak akibat over suplay arus listrik. Konsekwensinya, aki harus selalu dirawat agar tetap fit untuk menhindari kerusakan piranti kelistrikan motor.
1. 3. Unit CDI
CDI adalah mengatur waktu meletiknya api di busi yang akan membakar bahan bakar yang telah dipadatkan oleh piston. kerja CDI didukung oleh pulser sebagai sensor posisi piston, di mana sinyal dari pulser akan memberikan arus pada SCR yang akan membuka, sehingga arus yg ada dalam Capasitor yg ada di dalam CDI dilepaskan. Selain pulser ada aki (pada CDI DC) atau spul (CDI AC) dimana sebagai sumber arus yang kemudian diolah oleh CDI.
1. 4. Koil & Kabel busi
Koil berfungsi memperbesar arus listrik agar terjadi percikan api
1. 5. Busi / spark plug
Fungsi dari busi adalah sebagai alat untuk memercikkan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang pembakaran. Percikan ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkan busi, mesin tidak akan bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar